Ayo! Semarakkan Festival Sapparan Budaya di Pasongsongan, Ini Ragam Kesenian Tradisional yang akan Dipentaskan

Tinggal menghitung hari, Festival Sapparan Budaya akan segera digelar di Pasongsongan pada tanggal 9 hingga 10 Agustus 2024 mendatang, dengan mengadakan beragam pertunjukan kesenian tradisional. Di antaranya Sintong, Ba’ Garbis, Mamaca, Topeng, Pencak Silat, Teater dan Puisi.

Selain itu, festival kebudayaan yang diselenggarakan oleh Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Sumenep dan Lesbumi NU Pasongsongan tersebut juga akan menggelar rokat untuk bumi Pasongsongan, orasi budaya, pameran kaligrafi dan diskusi.

Direncanakan pula, pesta rakyat yang bertajuk “Spiritualitas Abantal Omba’ Asapo’ Angin" dipusatkan di tiga titik lokasi antara lain, Gedung KH Wahab Hasbullah (Kantor MWC NU Pasongsongan), Asta Agung Ali Akbar Pasongsongan dan Lapangan Tatèngghun Padangdangan untuk gelaran Malam Puncak Festival Sapparan Budaya.

Atas kerja keras panitia dalam mempersiapkan semua kegiatan, Ketua Lesbumi NU Pasongsongan Lora Ahmad Jasimul Ahyak berharap dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah setempat sebagai bentuk apresiasi kepada para seniman lokal yang nantinya akan berjuang menampilkan pertunjukannya.

“Dengan hadir dan mendukung acara kebudayaan tersebut, berarti kita juga turut menjaga dan menghormati budaya lokal kita,” tuturnya saat menghadiri rapat persiapan Festival Sapparan Budaya, Kamis (25/07/2024) di Sumenep. 

Pasalnya, lanjut Ra Jasim, kesenian tradisi yang akan disajikan Lesbumi ini bukan sekadar hiburan semata, melainkan juga sebagai sarana dalam mempertahankan dan melestarikan warisan budaya Nusantara.

“Kegiatan Festival Sapparan Budaya merupakan salah satu upaya agar generasi kita selanjutnya mengenal dan mencintai budayanya sendiri. Untuk itu, kami berharap kepada semua pihak agar turut mensukseskan acara ini,” pungkas dia.



Pewarta: Hamdan
Editor: Siti Sofiyah
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar