Bangun Sinergi dengan Pegadaian, LAZISNU Pasongsongan Berkomitmen Hidupkan Program Sampah Peduli

Sebagai negara penghasil sampah terbesar kedua di dunia, kerusakan lingkungan akibat sampah merupakan permasalahan yang tak pernah usai di Tanah Air ini. Untuk itu, NU Care-LAZISNU MWCNU Pasongsongan berkomitmen hidupkan kembali program Sampah Peduli dengan mengoptimalkan Bank Sampah yang dikelola PT Pegadaian.

“Selain dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyelamatkan lingkungan, program Bank Sampah ini juga bisa mendatangkan keuntungan secara ekonomi,” terang Ketua NU Care-LAZISNU Pasongsongan K. Adullah Sattar saat melakukan kesepakatan kerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) UPC Pasongsongan yang ditandai serah terima sampah yang akan ditabung, Senin (10//06/2024) di Halaman Kantor MWCNU Pasongsongan.

Diketahui, Bank Sampah Pegadaian merupakan salah satu program The Gade Clean & Gold, yang sudah ada sejak tahun 2018. Sebagaimana dikutip dari antaranews.com, salah satu tujuan kehadiran Bank Sampah adalah untuk membudayakan hidup bersih dengan menabung emas sehingga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.
 
Adapun sampah yang dikelola oleh LAZISNU di salah satu Ranting NU Kecamatan Pasongsongan, dalam keterangan Kiai Sattar, sudah dilakukan sejak 10 tahun silam. Namun karena pergantian kepengurusan, program yang diberi nama Sampah Peduli itu hanya berjalan 5 tahun atau satu periode. Program inilah yang menjadi ketertarikan Pegadaian Pasongsongan untuk menjalin sinergi dengan LAZISNU.

“Melalui program Sampah Peduli, salah satu ranting NU tersebut mampu menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa dari hasil penjualan sampah. Sayangnya, program itu hanya berjalan satu periode. Karena itu, penting bagi kami menghidupkan kembali program tersebut secara kolektif, tentu saja dengan memanfaatkan adanya Bank Sampah yang dikelola Pegadaian,” jelasnya.

Sementara itu, Bapak Susianto yang mewakili Pegadaian Syariah Pasongsongan menyatakan kesiapannya membantu menghidupkan kembali program Sampah Peduli yang dulu sempat viral pada masanya.

“Bank Sampah dan Sampah Peduli merupakan dua program yang harus saling bersinergi untuk mencapai satu tujuan, yakni untuk mewujudkan kemaslahatan. Untuk itu, kami siap untuk saling membantu sehingga dua program tersebut mampu memberikan secercah harapan, khususnya bagi masyarakat Pasongsongan,” tutur dia.  

Dalam acara kerjasama yang sederhana itu juga digelar penyerahan bingkisan sembako. Turut hadiri Bapak Maslukan, Kepala Pimpinan Pegadaian Syariah Cabang Pasean.

 

 

 

Pewarta: Fadil
Editor: Faiz
Dokumen: MWCNU Pasongsongan

Posting Komentar

0 Komentar